The Departed

Lies. Betrayal. Sacrifice. How far will you take it?

Sebut saya telat, tapi itu memang ada benarnya. The Departed yang dirilis tahun 2006 dan berhasil memenangkan 4 Oscar ini adalah salah satu masterpiece Scorsese yang (akhirnya) berhasil mengantarkannya memenangkan kategori sutradara terbaik. Meski begitu, ya saya memang baru menontonnya tahun 2012 ini. Dan pada 20 menit terakhirnya, I got my mind blown.

The Departed sendiri adalah sebuah remake dari film Hong Kong berjudul Internal Affairs. Cerita dimulai dari Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) dan Collin Sullivan (Matt Damon) yang baru saja lulus dari akademi polisi dan sedang dalam perjalanannya menjadi detektif. Sayangnya, takdir mereka berlawanan. Billy tidak semudah itu menjadi detektif, ia harus menyamar menjadi penjahat dalam rangka menangkap Frank Costello (Jack Nicholson), salah satu mafia yang ditakuti. Intriknya, Collin ternyata adalah salah satu anak buah Frank yang dari dulu memang diproyeksikan menjadi mata-matanya di dalam kepolisian. Di tengah perjalanan, mereka menyadari bahwa ada mata-mata di tiap kubu, sehingga Billy dan Collin harus beradu cepat dalam membuka identitas lawannya, sebelum identitas mereka duluan yang terbuka.

Selain premisnya yang memang sudah sangat menarik. Karakterisasi yang diberikan sangat kuat, membuat film ini jauh lebih hidup. Didukung lagi dengan dialog yang tidak pernah tidak berisi. Tengok karakter Mark Wahlberg yang paling berbeda di antara lainnya. Atau, Jack Nicholson yang dengan sukses menampilkan kegilaan dan kesadisannya tanpa harus mengumbar adegan sadis.

Saya sendiri belum menonton film aslinya, walaupun banyak yang mengatakan film aslinya sendiri jauh lebih baik. Tapi menurut saya, The Departed adalah film yang tidak boleh dilewati. Cast yang sangat solid, balutan cerita yang kuat, dialog berbobot, dan seperti yang sudah saya katakan, twist yang terus-menerus datang dan tidak tertebak. I got my mind blown!

Hingga akhir, penonton akan terus menebak, siapa yang akan memenangkan pertarungan ini. Dan Scorsese berhasil menyajikan ending terbaik bagi penonton.

9/10

About these ads

6 comments

  1. Emank dahsyat scriptnya si Wiliam Monahan, rumit dan ngejelimet… Hehe…

    Oh ya bro, Battleship udah nonton belom, keren tuch!! :D

  2. Dari film inilah saya jadi suka film bergenre crime drama walau tanpa action,
    saya sebenarnya pada awalnya film ini lama2 bikin saya stress dan menjemukan, pengen aja pilem ini di matiin, tapi dengan hati yg kuat dan emang udah nanggung nontonnya, ya udah dilanjutin
    tapi pas ending! Belegar! cuman satu kata! GILA banged nih film, Martin Scorsese udah buat pilem paling gila! nggak nyangka ending nya kayak gitu!

  3. deaztec

    tapi saya masih penasaran, sebenernya amplop yang dikasih Caprio ke si cewe pas akhir2 itu isinya apa yaaa??? asli itu bikin penasaran haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: