The Billionaire | Top Secret | วัยรุ่นพัน

Age 18, His family went bankrupt and remained 40 million Baht in debt.

Awalnya saya memang cuman kepincut sama film romantic-comedy Thailand. Tapi sejujurnya, saya sudah menunggu film ini sejak lama. Saya ingat waktu itu saya sedang menonton film di bioskop (yang bahkan saya lupa itu film apa) dan trailer The Billionaire muncul. Trailernya yang dibuat dengan sangat baik sekali menggabungkan semua elemen yang ada di film ini: drama, perjuangan, dan komedi. Bukan kejutan ketika akhirnya film ini rilis, saya langsung ingin menontonnya. Hanya saja, saya baru bisa menontonnya beberapa hari yang lalu.

Diangkat dari kisah nyata Top Ittipat, seorang pengusaha muda berasal dari Thailand. Produk ciptaan Top mungkin sering Anda temui di 7-eleven, Tao Kae Noi, makanan ringan berbahan rumput laut. Ternyata, Top mulai merintis karirnya dari sangat muda dan semua itu dilaluinya dengan tidak mudah. Awalnya, Top bahkan tidak perlu berbisnis. Keluarganya memiliki kehidupan yang mapan dan semuanya berjalan baik-baik saja. Bahkan, saat berumur 16 tahun, Top memiliki pemasukan tetap hasil bermain game onlinenya. Ia mampu membeli mobil, playstation, dan semua barang-barang impian anak seumurnya. Tapi satu yang jelas, dari dulu Top memang tidak tertarik dengan pendidikan formal. Seringkali ia bolos sekolah dan lebih memilih untuk memulai bisnisnya. Dari menjual DVD player, kacang-kacangan, dan hingga rumput laut sebagai bisnis terakhirnya, ia jalankan semua. Top hanya ingin membuktikan bahwa ia bisa mengurus dirinya sendiri dan itu semua bisa dilakukan tanpa bantuan sekolah maupun orang tuanya. Tapi itu semua berubah ketika ia mengetahui bahwa keluarganya terlilit hutang sebesar 40 Juta Baht. Bahkan karena hutangnya itu, keluargana sampai kabur ke China. Namun, Top sangat percaya bahwa bisnis kecil-kecilannya bisa menjadi besar bahkan cukup besar untuk membayar semua hutang keluarganya hingga ia pun memutuskan untuk tetap di Thailand bersama pamannya dan habis-habisan dalam  bisnis terakhirnya.

Sekilas The Billionaire memang terdengan seperti “another zero to hero movie” tapi tidak, The Billionaire adalah sebuah film yang menurut saya brilliant. Pertama, saya memang suka dengan Pachara Chirathivat sejak pertama kali melihatnya di SuckSeed. Bagaimana ia mampu membawa karakter yang kompleks dengan tidak membosankan dan menarik. Perannya sebagai Top benar-benar mencuri perhatian saya. Kedua, saya juga suka dengan kisah nyata jatuh bangun seseorang. Tapi, umumnya cerita seperti itu diceritakan dengan drama yang cukup berat, sedangkan The Billionaire bisa dibilang masih cukup ringan. Apalagi sesekali kita diberikan komedi yang tidak norak. Dengan karakter utamanya sendiri yang memang masih remaja, semuanya sangat relatable dengan saya. Ketiga dan terakhir, saya suka dengan semua hal pendukung yang ada di film ini. Mulai dari supporting castnya (termasuk paman Top yang tidak ada ekspresi), sinematografinya, tempo dari film ini, dan juga scoring dari film ini. Semuanya serba pas, tidak berlebihan tidak juga kurang. Meski (seperti umumnya film Thailand) berdurasi 2 jam lebih, saya sangat menikmati sekali drama yang satu ini. Bahkan saat ini saya ingin menontonnya lagi.

Tidak bisa disanggah lagi, dunia perfilman Thailand memang sedang maju-majunya. Sukses dengan film Action, Horror, Romantic-Comedy, kini The Billionaire dengan genre Drama sukses membuktikan kualitas film asal negara gajah putih ini.

8.5/10

2 comments

  1. fadhelsp

    download gan? ada subtitlenya gak? pm ke kaskus :hammer:

Leave a Reply

