Chronicle

What are you capable of?

Ada sebuah alasan mengapa franchise Paranormal Activity begitu disegani. Bujet yang kecil tapi menghasilkan keuntungan besar adalah hal lain, tapi bagaimana filmnya itu sendiri ditawarkan termasuk dalam sesuatu yang baru. Mockumentary, menggunakan found footage sering membuat penonton bertanya-tanya, “Ini cerita nyata gak sih?”. Hal itulah yang coba dibawa Josh Trank namun dengan isi yang berbeda, superhero.

Dari awal hingga akhir, Chronicle diceritakan layaknya sebuah film dokumenter. Lewat handycam Andrew, kita tahu bahwa ia bersama kedua temannya, Matt dan Steven baru-baru ini mendapati kekuatan super dari sebuah meteor. Lewat media itu juga, kita mengikuti kehidupan sehari-hari mereka. Hingga akhirnya, boom, kekuatan mereka melebihi tanggung jawab mereka.

Tidak seperti film superhero umumnya yang secara refleks menawarkan karakter yang langsung berbaik hati menolong masyarakat ketika memiliki kekuatan super, Andrew, Matt, dan Steven justru menggunakannya untuk menjahili orang-orang. Tapi semua ada batasnya, dan konflik film ini tentunya adalah ketika seseorang sudah melebihi batas tersebut. Yang lebih sulit lagi adalah untuk mengehentikannya, karena mereka semua terjalin dalam hubungan persahabatan.

Selain dari segi penceritaannya yang memang berbeda, saya sendiri tidak menemukan hal yang baru di Chronicle. Jajaran aktor kurang terkenal hanya sebatas cukup dalam membawa karakternya masing-masing. Karena berbujet rendah pula (12 Juta Dollar), banyak special effect yang terkesan kurang “jadi”. Meski begitu, kisah superhero memang sulit untuk ditolak, saya pun tetap senang mengikuti ceritanya hingga selesai. Chronicle sendiri setelah melalui masa terang-gelapnya berhasil diakhiri dengan baik dan membuka pintu untuk sekuelnya.

7.5/10

4 comments

  1. Hmmm, gw nggak tertarik sich soal-nya “another X-Men like” gitu n gw udah cukup puas nonton yg kaya gitu paling nggak terakhir yg gw tonton “PUSH”
    😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: