The Expendables 2

 Back for War.

BOOM! The Expendables 2 bisa dikatakan sebagai rombongan terakhir dari parade film blockbuster musim panas ini. Sebagai penutup, Expendables adalah sebuah cucian mulut yang tidak bergizi namun sangat dinanti, menyenangkan, dan meninggalkan kesan manis. Harus diakui, parade film musim panas kali ini sangat epic, dari The Avengers hingga The Expendables 2, rasanya sangat sulit kita mendapatkan line-up sebagus ini lagi dalam waktu dekat.

Franchise Expendables, sejak seri pertamanya memang sudah menarik perhatian. Ide menggabungkan bintang-bintang action jaman dulu dengan (beberapa) jaman sekarang dalam satu film itu memang gila dan merupakan mimpi basah bagi para penggila action 80-90an. Namun sayangnya, seri pertamanya sendiri bisa dibilang mengecewakan. Kurang menggigit, adalah salah satu cara menyimpulkannya. Mungkin Expendables pertama terlalu menganggap dirinya serius hingga melupakan kesenangan dalam action. Kurang berpesta, kurang berhura-hura, apalagi dengan jajaran cast seperti itu, seharusnya menghadirkan hura-hura tidak terlalu sulit.

Benar saja, Expendables 2 mengubah arahan dan tone dari seri sebelumnya. Expendables 2 lebih besar, lebih lucu, lebih banyak ledakan, lebih gila, dan yang paling penting, tidak seserius yang pertama. Dan ternyata, formula ini berhasil. Expendables 2 bisa dikatakan adalah parodi dan mash-up dari film-film action yang dibuat dengan sangat serius. Yap, parodi yang dibuat serius hingga terlihat lebih kepada tribut pada genre film action Amerika. Hasilnya? Sangat menyenangkan. Dalam skala entertainment, buat saya Expendables 2 ini sempurna.

Baru 5 menit berjalan, kita sudah diberi ledakan-ledakan, mirip pada seri sebelumnya. Tapi sudah bisa dirasakan bahwa film ini akan lebih lucu dan bermain-main. Pada saat plot utamanya sendiri dibuka, “bleeeh” klise sekali, tapi itu tidak penting, karena Expendables memang tidak seharusnya berfokus pada plot. Berikan pekerjaan itu pada Nolan atau Scorsese, kita di sini untuk terhibur. Dan terhiburlah yang kita dapatkan. Expendables tidak mengulangi kesalahan tetangganya, Total Recall, yang juga full action namun masih ingin mencoba menyisipkan mindpuzzling plot. Nope, this a total brainless action movie. Plotnya setipis jembatan sirat al mustaqim.

Dengan semua nama besar dari seri pertama + Jean-Claude Van Damme, Liam Hemsworth, Scott Adkins, dan Chuck Norris, serta Arnie dan Bruce Willis yang berperan lebih banyak di sini, Anda akan menemukan banyak sekali referensi film-film mereka. Beberapa yang bisa saya ingat adalah Terminator, Die Hard, Rocky, dan beberapa film Chuck Norris. Tak luput juga adegan khas action Hollywood, seperti tembakan-tembakannya yang bergantian, jagoan yang tidak pernah kena peluru, dan yaa.. semacam itulah. Lalu ada juga one-liner-one-liner yang bertebaran sepanjang film, membuatnya seperti versi manusiawi dari Avengers, benar-benar lucu. Karena itu semualah, saya menganggap bahwa Expendables 2 seperti tribut untuk genre action Amerika.

Bila ada beberapa kekurangan yang bakal dianalisis berlebihan oleh orang sok intelek pasti adalah plotnya, logika, dan bagaimana EX2 ini jatuhnya cheesy sekali. But then, you guys are missing the point. Bagi saya, keluhan hanya terdapat pada kurangnya karakter Jet Li dan Liam Hemsworth (you’ll know when you see it). Karakter Maggie Chang juga kurang terlihat kepentingannya.

The Expendables 2 melakukan apa yang Avengers lakukan pada genre superhero dan Cabin in The Woods lakukan pada genre horror. Menghibur tidak perlu serius, bung!

(8.5/10)

BRING ON EXPENDABLES 3!!

One comment

  1. yunezaa

    Iya betul. Berasa kurang karna karakter Jet Li ama Liam Hemsworth cuma ‘segitu’ doank😐

    Sepanjang film aku ngebayangin gimana kalo yg jadi Maggie Chang itu Megan Fox? Huahauahauaha😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: